Pages

Bersama Bank BTN, Leader Komunitas UMKM Koordinasi Pembahasan Rumah BUMN Brebes


BREBES - Para Leader Komunitas UMKM Brebes mengikuti Rapat Koordinasi antara Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan ( Dinkopmudag ) Kabupaten Brebes dengan Bank BTN Cabang Tegal selaku inisiator Rumah BUMN Brebes di Rumah Makan D'Angklo, Kamis ( 10/03/2022 ).

 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkopumdag Brebes Nani Nuryati, SH, MH beserta jajarannya, Kepala Cabang Bank BTN Tegal Alem Wijaya beserta jajarannya serta para Leader dari Komunitas UMKM Brebes yakni Balai Kopi, Remojong, Mitra Mandiri, Klubanostic, JSM (Jaringan Saudagar Muhammadiyah), GRS (Guyub Rukun Saklawase), KUB Brebes Berkarya Mandiri dan perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Kabupaten Brebes.

 

Buah dari pertemuan tersebut antara lain membahas tentang sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes dengan Bank BTN Cabang Tegal serta Komunitas UMKM yang menaungi para pelaku UMKM di Kabupaten Brebes untuk menghidupkan kembali segala aktifitas dan kebermanfaatan adanya Rumah BUMN BTN. 

 

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkopumdag Brebes Nani Nuryati, SH, MH mengatakan bahwa adanya Rumah BUMN (dulunya bernama RKB – Rumah Kreatif BUMN) sangat membawa dampak baik bagi para pelaku UMKM Brebes, tidak sedikit kegiatan besar pada saat itu bermula dari koordinasi di Rumah BUMN.

 

" Koordinasi tersebut diantara gelar produk UMKM memperingati hari jadi Kabupaten Brebes di tahun 2019, persiapan pembukaan dan pendaftaran pengisi tenant Rest Area 260B Banjaratma juga kegiatan rutin seperti Jumat Berbagi yang diisi dengan kegiatan berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman bagi teman-teman yang baru saja mengikuti pelatihan," katanya.

 

Sementara itu, Kepala Cabang Bank BTN Tegal Alem Wijaya mengungkapkan, sebagai langkah awal Bank BTN akan mencoba untuk menggandeng teman-teman dari Balai Kopi, namun demikian para pelaku UMKM dari bidang lain ataupun dari Komunitas lain tetap bisa bersama-sama berkegiatan di Rumah BUMN BTN.

 

Para Leader Komunitas juga turut menyampaikan pendapatnya pada pertemuan tersebut, diantaranya Fiko (Balai Kopi) mengatakan, dengan bertambahnya Komunitas semoga semakin meningkatkan sinergitas antara Dinas, BUMN dan Komunitas UMKM. Lalu H. Akhmad Makmuri (Kadin Kab. Brebes) berpendapat,dengan adanya capaian yang membanggakan dari gelaran Festival Kopi Brebes, harapannya Bank BTN juga dapat menfasilitasi kegiatan serupa.

 

Hal senada juga disampaikan Hj. Widiyawati (GRS) bahwa Rumah BUMN dapat menjadi alternatif baru yang mendukung pemasaran produk-produk UMKM Brebes dan akan lebih baik lagi jika Rumah BUMN Brebes dapet melakukan pembayaran langsung tanpa konsinyasi. Sedangkan Tiyo (Klubanostic) menyambut baik saat pertama kali mendengar bahwa Rumah BUMN Brebes akan aktif kembali, karena Rumah BUMN Brebes secara nyata dapat menjadi inspirasi.

 

Pendapat lainnya dari Hendri Sucipto (Remojong) mengatakan, dengan kembali aktifnya Rumah BUMN Brebes sangat dimungkinkan sebagai sarana eksplorasi kreatifitas bagi teman-teman UMKM, semisal bisa sebagai spot foto produk agar tampilan digital teman-teman UMKM Brebes menjadi lebih baik dan menarik. Sementara itu,  Dumadi (Mitra Mandiri) menyampaikan bahwa akan lebih baik lagi jika ada pembahasan lebih lanjut tentang manajemen dan pengelolaan Rumah BUMN Brebes.

 

Demikian juga disampaikan pendapat dari Basori (JSM) berharap dengan adanya support dari Bank BTN semoga dapat memberikan fasilitasi pelatihan bagi para pelaku UMKM Brebes. Harapan juga dari Firdan (KUB BBM) bahwa Rumah BUMN Brebes dapat digunakan sebagai sarana untuk pembuatan legalitas usaha (NIB), hal ini dikarenakan masih banyaknya pelaku UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha.

 

Sebagai penutup,  quote dari John F. Kennedy sepertinya pas untuk kegiatan tersebut yakni. “Jika ingin berjalan cepat, jalanlah sendiri.. Jika ingin berjalan lebih jauh, berjalanlah bersama-sama". Semoga dengan Rumah BUMN Brebes yang lahir kembali, mampu memberikan selaksa manfaat dan mampu membawa produk-produk UMKM Brebes ke pangsa pasar yang lebih jauh lagi.

 


Admin

UMKM Remojong ADAB Kabupaten Brebes dijadikan sebagai mediator sinergi usaha dan berbagi pengetahuan usaha serta aspek lainnya dalam penanganan masalah usaha utk memberkan solusi secara tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar